Sunday, June 16, 2019

Introdution to Network



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

okey kawan-kawan, dari sebagian kita sudah mengenal apa itu jaringan, yang sering kita pakai untuk kebutuhan sehari seperti bermain game, berkomunikasi, belanja, study, dan masih banyak lagi namun kita sedikit menyadarimya.
mungkin dizaman milenial sekarang, banyak anak-anak di usi dini sudah dikenalkan akan teknologi, dari perkembangan teknologi yang sangat cepat, nah disini kita sebagai penggiat atau sebagai actor terbentuknya kemanjuan zaman ini, kita perlu memahami konsep terlebih dahulu, terutama dibidang jaringan internet, supaya kita dapat mudah mengontrol atau merawat jaringan yang telah kita buat.
sampai sini kita akan mengenalkan bahan-bahan yang harus kita ketehui untuk membuat suatu jaringan, yaitu :
1. End Device : tanpa kita sadari kita sudah menggunakan perangkat tersebut untuk membantu kebutuhan sehari-hari, contohnya Hp, computer, tablet, Laptop. Nah perangkat tersebut memiliki peran penting untuk membuat suatu data ataupun menerima data.
2. Intermedia Device : kebanyakan kita sudah mengetahui apa hotspot??,,, Yah betul merupakan tempat gerombolan yang ga punya paketan data seperti saya hehe.., bercanda kok. ok balik lagi hotspot merupakan tempat terjadinya pertukaran data atau bisa disebut dengan lalu lintas data, dan dapat mengatur data supaya sampai ketujuan. contohnya : Access Point, Router, Switch, Modem.
3. Network Media: kebanyakan kita sudah mengenal apa itu IndiHome, merupakan provider penyedia layanan internet rumahan yang sudah memberikan akses internet kepada kita, IndiHome ini memiliki beberapa layanan yang di sediakan, Nah untuk memafasilitasi layanan tersebut, maka diperlukan adanya jalan untuk pertukaran data, seperti Fiber Optick, Gelombang Radio, ataupun Kabel Tembaga,

sampai disini kita sudah mengetahui yang harus disediakan sebelum membuat jaringan,sekarang kita mengenal berapa brand yang sudah lama dipakai untuk perusahan ataupun tempat pendidikan, mungkin sebagian kita sudah mengenal apa MikroTik, Cisco, Juniper, Huawei, dan masih banyak lagi.
keempat brand tersebut juga menyediakan sertifikasi untuk pengakuan skill kita terhadap perusahaan yang akan merekrut kita sebagai tenaga kerja ataupun sebagai sudah sudah menguasai level yang sudah kita pelajari.

mungkin cukup sampai saat ini dulu,
thanks reading my tutorials
salam,
Hamdan

0 komentar:

Post a Comment